CPNS masih jadi primadona semua kalangan, tua-muda berbondong-bondong ikut seleksi CPNS. Salah satunya demi hidup sejahtera lewat gaji yang menggiurkan.

Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Tengah, dan Pemprov Jawa Timur, apa yang membuat tiga lembaga pemerintah ini jadi incaran puluhan ribu pejuang CPNS? Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, "Yang paling utama stabilitas dan tentu gaji yang kompetitif kemudian peluang belajar, karena di Jakarta ada peluang untuk belajar. Di Jakarta insya Allah bisa hidup layak sebagai PNS. Lulusan S-1 CPNS takehome pay Rp6,9 juta, gajinya sekitaran Rp2 juta dan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Rp4,8 juta. Setelah 1 tahun jadi PNS, akan terima gaji Rp2,5 juta dan TKD Rp17 juta, jadi totalnya Rp19 juta.”

Sedangkan Khofifah Indar Parawansa menyatakan senang kalau banyak yang tertarik jadi CPNS namun ada syaratnya, “Mereka harus cepat, responsif, dan bisa mengaktualisasi diri. Di Jawa Timur PNS hampir 12 juta, harus bisa itu," kata Gubernur Jawa Timur.

* Mata Najwa adalah program gelar wicara yang dipandu oleh jurnalis senior, Najwa Shihab. Musim pertama disiarkan perdana di MetroTV sejak 25 November 2009, Mata Najwa konsisten menghadirkan topik-topik menarik dengan narasumber kelas satu.