The Gold Rush (Demam Emas) adalah film komedi Amerika tahun 1925 yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Charlie Chaplin. Film ini dibintangi oleh Chaplin dengan pesona "gelandangan"-nya, Georgia Hale, Mack Swain, Tom Murray, Henry Bergman, dan Malcolm Waite.

Chaplin mendapatkan inspirasi dari foto-foto Demam Emas Klondike[1] serta dari kisah "The Donner Party" [2] yang pada saat bersalju di Sierra Nevada, didorong melakukan kanibalisme atau memakan kulit sepatu mereka.

Chaplin, yang percaya bahwa tragedi dan komedi tidak terlalu jauh berbeda satu sama lain, memutuskan untuk menggabungkan kisah-kisah penderitaan dan horor dalam komedi.

Dia memutuskan sosok nakal-nya yang terkenal itu harus menjadi penggali emas yang bergabung dengan seorang yang optimis dan pemberani yang bertekad untuk menghadapi semua jebakan yang terkait dengan pencarian emas, seperti penyakit, kelaparan, kesepian, atau kemungkinan bahwa dia dapat diserang kapan saja oleh beruang abu-abu.

Dalam film ini, kita bisa melihat adegan seperti Chaplin sedang memasak sambil memimpikan sepatunya, atau bagaimana temannya, si Big Jim, yang kelaparan, melihatnya seperti melihat ayam yang siap untuk disantap.

The Gold Rush menerima nominasi Academy Award untuk Musik Terbaik dan Rekaman Suara Terbaik setelah dirilis ulang pada tahun 1942. Saat ini, ini adalah salah satu karya Chaplin yang paling terkenal, dan dia sendiri beberapa kali menyatakan bahwa itu adalah film yang paling dia inginkan untuk diingat publik.

[1] Demam Emas Klondike, kadang-kadang disebut Demam Emas Yukon atau Demam Emas Alaska, adalah kedatangan sekitar 100.000 orang karena adanya prospek emas di sepanjang sungai Klondike di dekat Dawson City, Yukon, setelah penemuan emas di tempat itu pada akhir abad ke-19. Sekitar 12,5 juta ons emas diambil dari wilayah Klondike sejak penemuannya.

[2] The Donner Party (kadang disebut Donner – Reed Party) adalah sekelompok perintis Amerika yang bermigrasi ke California dengan gerbong kereta dari Midwest. Tertunda karena serangkaian kecelakaan, mereka menghabiskan musim dingin tahun 1846–1847 yang bersalju di pegunungan Sierra Nevada. Beberapa migran terpaksa melakukan kanibalisme untuk bertahan hidup, memakan tubuh orang-orang yang meninggal karena kelaparan dan penyakit.

* Charlie Chaplin adalah film komedi Inggris yang terkenal pada era film bisu. Gaya komedi Charlie Chaplin secara garis besar disebut slapstick. Sejarawan film Philip Kemp menyebut karya-karya Chaplin sebagai campuran kecekatan, komedi fisik baletik dan kebijaksanaan, serta lelucon-lelucon berbasis situasi.