Dangdut sebagai aliran musik berkembang secara pesat. Jika dulu dangdut selalu identik dengan musik kampung, saat ini dangdut mulai berinteraksi dengan aliran musik lain seperti pop, rock, disko atau koplo. Rhoma sendiri mengatakan tidak begitu mengikuti perkembangan musik dangdut saat ini.

“Saya jarang nonton televisi dan juga sibuk sendiri. Tapi saya tahu sekilas tentang Via Vallen atau Siti Badriah. Saya rencananya juga mau duet dengan Via Vallen,” kata Rhoma.

Meski dikenal sebagai Raja Dangdut, Rhoma muda terbiasa menyanyi pop, bahkan pernah menjuarai festival musik pop di luar negeri pada 1972. “Saya sejak kecil sudah hidup di dua muara musik. Saat sekolah sering menyanyikan lagu barat atau lagu India. Saya juga pernah punya orkes melayu sekaligus banyak grup band. Di kampung main orkes melayu, di pesta-pesta ngeband,”ujarnya.

Catatan: Mata Najwa adalah program gelar wicara yang dipandu oleh jurnalis senior, Najwa Shihab. Musim pertama disiarkan perdana di MetroTV sejak 25 November 2009, Mata Najwa konsisten menghadirkan topik-topik menarik dengan narasumber kelas satu.

* Panggung Rhoma Irama: 01, 02, 03, 04, 05, 06, 07.